SEJARAH KEHIDUPAN IMAM MAHDI WA MASIH MAU’UD, HADHRAT MIRZA GHULAM AHMAD ‘alaihi salam

Oleh: Mln. Mubarak Achmad

بسم الله الر حمن الر حيم   نحمده و نصلى على رسوله الكريم   و على عبده المسيح الموعود

اَلسَّلَامُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَا تُهُ

HARI MASIH MAU’UD 23 Maret 2021

Sejarah Ringkas Kehidupan Imam Mahdi Dan Masih Mau`ud, Hadhrat Mirza Ghulam Ahmad ‘alaihi salam

Di akhir zaman ini, Allah Taala telah mengutus seorang hamba-Nya ke Dunia ini dengan maksud untuk menghidupkan agama dan menegakkan syariat. Orang tersebut tiada lain adalah Hadhrat Mirza Ghulam Ahmad 'alaihi salam dari Qadian India.

Kelahiran Beliau 'alaihi salam sangat ditunggu-tunggu oleh seluruh umat agama di dunia ini. Misalnya bagi orang Budha sebagai Budha, Bagi orang Hindu sebagai Krisna, Bagi orang Kristen sebagai Al-masih, dan bagi orang Islam sendiri Beliau dikenal sebagai Imam Mahdi dan Masih Mauud ‘alaihi salam.

Dan sebenarnya manusia yang dijanjikan kedatangannya itu oleh setiap agama, wujudnya satu dan mempunyai tugas yang sama pula. Hanya memiliki julukan atau gelar berbeda-beda saja. Bahkan Beliau 'alaihi salam di kenal juga sebagai hakaman adalan (hakim yang adil).

Pada 23 Maret 1889, Beliau as atas perintah Allah Taala menerima Bai'at, lalu mendirikan sebuah Jamaah yang diberi nama Ahmadiyah. Dimana diberi nama dan tercatat dalam pemerintahan pada bulan Maret 1901. Pada tahun 1890, sesuai dengan perintah Allah Ta’ala, beliau mendakwakan diri sebagai Al-Masih Al-Mau’ud (Isa yang dijanjikan)

Bai’at Pertama 'alaihi salamDengan tersiarnya Barahiyn Ahmadiyah orang-orang dari berbagai tempat mulai simpati kepada Hadhrat Ahmad 'alaihi salam Qadian yang terletak jauh dan terpencil mulai sering dikunjungi para tamu dari tempat-tempat jauh. Para cendekiawan seperti Hadhrat Maulvi Nuruddin, yang dipuji dan dijunjung oleh kawan maupun lawan karena ilmunya, sangat tertarik pula pada Barahiyn Ahmadiyah, sewaktu menjadi tabib istimewa Maharaja Jammu dan Kashmir. Hadhrat Mlv. Nuruddin ini kemudan tidak terpisahkan lagi dari Hadhrat Ahmad'alaihi salam untuk selama-lamanya. Barahiyn Ahmadiyah makin lama semakin mengambil tempat di hati umat, bahkan banyak yang mengajukan permintaan supaya Hadhrat Ahmad'alaihi salam mengambil bai’at. Tetapi permintaan itu senantiasa beliau'alaihi salam tolak, dengan menjawab bahwa segala urusan beliau berada di tangan Allah.

Akhirnya tibalah bulan Desember 1888 ketika melalui ilham Ilahi, Hadhrat Ahmad d'alaihi sala miperintahkan untuk mengambil bai’at dari orang-orang. Bai’at yang pertama diselenggarakan di kota Ludhiana pada tanggal 23 Maret 1889 di rumah seorang mukhlis bernama Mia Ahmad Jaan. Dan orang yang bai’at pertama kali adalah Hadhrat Maulvi Nuruddin ra Pada hari itu kurang lebih 40 orang telah bai’at. Setelah itu berangsur-angsur semakin banyak yang bai’at

Pendakwaan Diri Sebagai Masih Mau’udTetapi pada tahun 1891 telah terjadi suatu perubahan yang amat besar. Yakni Hadhrat Ahmad 'alaihi salam  diberi ilham oleh Allah Ta’ala bahwasanya Nabi Isa'alaihi salam yang ditunggu-tunggu kedatangannya kedua kali kali itu telah wafat dan tidak akan datang lagi ke dunia ini. Kedatangan Nabi Isa kedua, adalah orang lain yang akan datang dengan sifat dan cara seperti Nabi Isa 'alaihi salam, yaitu Hadhrat Ahmad 'alaihi salam sendiri orangnya.

Ketika hal ini telah betul-betul jelas, dan ilham Ilahi berulang-ulang menyatakan supaya beliau mengumumkannya, maka mulailah beliau ‘alaihi salam menjalankan kewajiban yang baru dan suci ini. Ilham tersebut turun ketika beliau b'alaihi sala merada di Qadian, lalu beliau menerangkan kepada anggota keluarga beliau bahwa kini beliau telah diserahi suatu kewajiban yang akan menimbulkan perlawanan dari orang-orang. Setelah itu Hadhrat Ahmad  'alaihi salam

pergi ke Ludhiana, dan pada tahun 1891 mengumumkan pendakwaan sebagai Masih Mau’ud (Isa yang dijanjikan) melalui sebuah selebaran.

Pernyataan Sebagai Ahmadi MuslimPada tahun 1901, akan diadakan sensus penduduk di seluruh India. Maka Hadhrat Ahmad 'alaihi salam menerbitkan sebuah pengumuman kepada seluruh pengikut beliau untuk mencatatkan diri dalam sensus tersebut sebagai Ahmadi Muslim. Yakni, pada tahun itulah Hadhrat Ahmad  'alaihi salam telah menetapkan nama Ahmadi bagi para pengikut beliau 'alaihi salam , untuk membedakan diri dari orang-orang Islam lainnya.

Nama ini bukanlah diambil dari nama Beliau 'alaihi salam sendiri, akan tetepi nama Ahmadiyah diambil dari nama Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam.

Sebab dimasa sekarang Islam dinubuatkan akan datang dengan penuh kedamaian, cinta kasih dan tampil dengan penuh keindahan dan kelembutan, tampil dengan sifat jamal.

Sehingga nubuatan tentang kelahiran Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam yang kedua kali di akhir zaman ini terwujud dalam sosok Hadhrat Mirza Ghulam Ahmad 'alaihi salam.

Ayah Beliau adalah Mirza Ghulam Murthada. Kakek Beliau bernama Mirza Gul Muhammad. Ibu Beliau bernama Chiraagh Bibi. Meraka adalah keturunan bangsawan asal dari suku Persia yang terkenal dengan Moghul. Hadhrat Ahmad 'alaihi salam menyatakan bahwa Beliau tidak dari keturunan Moghul dan mengakui dari keturunan Persia. Nama tambahan Mirza adalah dari Persia yang menunjukkan keturunan bangsawan. Seorang dari antara nenek moyang Beliau yang bernama Mirza Hadi Beg meninggalkan kampung halamannya di Khurasan, Persia, disertai 200 orang anggota ikutan keluarganya, masuk ke Indian pada akhir abad ke-16 Masehi.

Mirza Hadi Beg beserta pengikutnya mengambil tempat dekat sungai bias dan mendirikan sebuah perkampungan yang dinamai Islampur. Nama ini kemudian terkenal dengan sebutan Islampur Qadhi Majhi. Tidak lama kemudian sebutan Islampur dan Majhi menjadi gugur dan orang hanya menyebut Qadhi dan kata Qadhi berubah menjadi Qadian. Qadian letaknya di wilayah Gurdaspur Propinsi Punjab, sekarang di wilayah India dari Lahore sejauh kurang lebih 110 km kearah utara.

Hadhrat Mirza Ghulam Ahmad 'alaihi salam dilahirkan pada tanggal 14 Sywal 1250 H, sesuai dengan tanggal 13 Pebruari 1835 di Qadian, hari Jumat shubuh menjelang fajar, Beliau lahir kembar. Seorang bayi perempuan kembarnya itu meninggal tak lama kemudian.

Ketika umur 6 atau 7 tahun untuk Beliau ‘alaihi salam didatangkan seorang guru yang mengajar Beliau membaca Al-Quran dan beberapa buku bahasa Parsi dan juga guru bahasa Arab. Beliau juga mempelajari buku-buku kuno tentang ilmu pengobatan dari ayah Beliau yang terkenal selaku tabib yang mahir.

Beliau 'alaihi salam sangat gemar membaca kitab Suci Al-Quran sejak masih kanak-kanak Beliau hidup sangat sedehana berbeda dengan anak-anak yang lain dari keluarga.

Beliau as tidak suka mengadakan kegiatan main yang tidak berguna.

Dan Beliau ‘alaihi salam gemar berenang dan menunggang kuda dikuasai dengan baik. Kesederhanaan dan kejujuran nya yang diamalkan memberi kesan baik pada orang dewasa.

Suatu hari semasih beliau kanak-kanak seorang sufi bernama Ghulam Rasul memperlihatkan sikap sayangnya kepada Hadhrat Ahmad ‘alaihi salam dan berkata bahwa Beliau ‘alaihi salam seperti Nabi-nabi dahulu {Hayyat-I-Thoyyibat}.

Dalam usia 15 atau 16 tahun Beliau ‘alaihi salam dikawinkan dengan seorang saudara sepupu Beliau bernama Hurmat Bibi, putri dari mamak Beliau sendiri Dan mendapatkan keturunan dua orang putra, yang bernama Mirza Sultan Ahmad yang hidup dalam usia panjang dan Mirza Fadhal Ahmad yang wafat dalam umur masih muda.

Pada tahun 1864 sampai 1868 Beliau 'alaihi salam sempat bekerja di kantor Distrik Sialkot. Tetapi Beliau tidak menyukai pekerjaan itu. Dan atas kehendak ayahnya meninggalkan pekerjaan itu. Pada tahun ini pula ibunda Beliau wafat.

Pada tahun 1969 seorang mengajak Beliau 'alaihi salam ke Batala untuk mengadakan tukar pikiran sesuai dengan kebiasaan yang berlaku dengan Maulvi Muhammad Husein, ulama kenamaan dari golongan Ahli Hadis (wahabi). Yang terkenal sebagai ulama yang di segani oleh orang Islam lainnya.

Hadhrat Ahmad 'alaihi salam bukanlah orang miskin, Ayahnya orang yang cukup kaya dan meninggalkan harta yang cukup. Tetapi Beliau tidak tertarik urusan keduniaan, semuanya dibiarkan diurus oleh kakak Beliau, Mirza Ghulam Qadir.

Pada tahun 1875, sesuai petunjuk Ilahi Beliau ‘alaihi salam melakukan puasa selama lebih kurang 9 bulan terus menerus, sedikit sekali roti yang beliau makan, sengaja untuk menarik rahmat Allah Ta`ala. Masa inilah Beliau banyak berkat rohani, banyak melihat kasyaf yaitu pemandangan rohani yang indah-indah.

Dan Beliau ‘alaihi salam banyak bertemu dalam mimpi dengan para Nabi yang sudah wafat, ini merupakan satu tanda Beliau memperoleh restu Tuhan melakukan ibadah mencari keridhoan-Nya.

Tahun 1876 ayah Beliau 'alaihi salam meninggal dunia. Karena semua keperluan hidup Beliau dipenuhi oleh ayahnya, maka kewafatan ayahnya itu meninggalkan rasa cemas tentang masa depannya. Tetapi tak lama kemudian turun wahyu yang menyinari pandangan Beliau dan melenyapkan kecemasan itu. Wahyu itu berbunyi, ;

اَلَیۡسَ اللّٰہُ بِکَافٍ عَبۡدَہٗ
Artinya, ; Tidakkah Allah Ta`ala cukup bagi hamba-Nya ?.

Kemudian Beliau 'alaihi salam menulis pembelaan-pembelaan agama Islam dari serangan-serangan orang yang membenci Islam dan diterbitkan dalam surat kabar. Dan Beliau menulis buku yang berjudul Barahin Ahmadiyah. Yang jilid pertama diterbitkan tahun 1880, jilid kedua tahun 1881, jilid ketiga tahun 1883, dan Jilid keempat tahun 1884.

Tahun 1877 seorang advokat Kristen bernama Rallia Ram mengajukan tuduhan perkara terhadap Beliau 'alaihi salam. Yakni, ; Beliau menulis sebuah karangan untuk membela Islam dari serangan yang dilancarkan oleh golongan Arya Samaj, satu golongan dari kaum Hindu. Karangan ini dikirimkan kepada sebuah percetakan di Kota Amritsar. Di dalam karang itu di masukkan sepucuk surat mengandung petunjuk-petunjuk tentang karangan tersebut kepada percetakkan. Menurut peraturan Pos yang berlaku pada saat itu tindakkan Beliau as dapat dihukum denda Rs. 500 Rupee atau kurungan penjara 6 bulan, sedangkan Beliau as tidak mengetahui peraturan itu. Sementara itu Beliau melihat dalam mimpi, bahwa Rallia Ram mengirimkan seeokor ular untuk menggigit Beliau, oleh Beliau dikembalikan kembali sesudah digoreng laksana ikan. Ketika perkara itu diajukan ke pengadilan para penasehat hukum Beliau menasehatkan supaya mengakui tidak bersalah, jalan satu-satunya untuk menghindari hukuman. Para penasehat hukum bersikeras dalam pendiriannya supaya Beliau menuduh Rallia Ram sendiri memasukkan surat tadi ke dalam paket pembungkus karangan karena Ralia Ram itu memusuhi Beliau. Beliau mengatakan kepada para penasehat hukum itu, bagaimana Beliau bisa mungkir padahal memang Beliau yang memasukkan surat itu ke dalam paket ?. Beliau juga bersikeras untuk tidak memberikan keterangan yang salah hanya karena takut dihukum. Maka para penasehat hukum mengatakan kalau begitu tidak ada jalan lain untuk menghindari hukuman. Kemudian di dalam persidangan itu ketika Hakim menanyakan tentang perkara itu, Beliau mengatakan bahwa memang Beliau sendiri memasukkan surat itu kedalam paket, tetapi Beliau katakanan sama sekali tidak mengetahui bahwa hal itu bertentangan dengan peraturan pos dan Beliau sekali-kali tidak bermaksud merugikan jawatan pos atau pun Pemerintahan. Atas kehendak Tuhan. Hakim pengadilan merasa terkesan oleh kejujuran Beliau dan niatnya yang baik itu hingga akhirnya Beliau dibebaskan dari tuduhan.

Pada tahun 1884 atas kehendak Allah Ta`ala Yang Maha Kuasa melalui wahyu, Beliau 'alaihi salam menikah kedua kalinya dengan Hadhrat Sayyidah Nusrat Jahan Begum. Beliau putri dari Hazrat Mir Nasir Nawaab keturunan dari Hazrat Khawajah Mr Dard. Seorang penyair dan sufi terkenal. Keluarga ini dihormati karena kesolehannya dan pengabdiannya kepada Allah Ta`ala. Akad nikah dilakukan di Delhi pada tanggal 17 Nopember 1884 oleh ulama kenamaan masa itu, Sayyid Nazir Husein.

Alhamdulillah Allah Ta`ala menganugrahkan kepada Beliau 'alaihi salam 10 orang anak dari pernikahan ini. 5 orang di antarnya meninggal semasa kecil, 10 orang anak-anak Beliau tersebut adalah, ;

1. Hadhrat Sahibzadi `Asmat, lahir Mei 1886 dan wafat Juli 1891.
2. Hadhrat Basyr Awal, lahir 7 Agustus 1887 dan wafat 4 Nopember 1888.
3. Hadhrat Mirza Basyiruddin Mahmud Ahmad as, Khalifatul Masih II, Lahir 12 Januari 1889 dan wafat 8 Nopember 1965.
4. Hadhrat Sahibzadi Saukat, lahir 1891 dan wafat 1892
5. Hadhrat Mirza Bashir Ahmad MA, lahir 20 April 1893 dan wafat 2 September 1963.
6. Hadhrat Nirza Syarif Ahmad, lahir 24 Mei 1895 dan wafat 26 Desember 1961.
7. Hadhrat Nawab Mubarakah Begum, lahir 2 Maret 1897 dan wafat 22 tahun 1977.
8. Hadhrat Sahibzada Mirza Mubarak Ahmad, lahir 14 Juni 1988 dan wafat 3 Desember 1903.
9. Hadhrat Sahibzadi Ammatunnasir, lahir 28 Januari 1903 dan wafat 3 Desember 1903.
10. Hadhrat Nawab Amatul Hafiz Begum, lahir 25 Juni 1904 dan wafat 1987.

Dan anak-anak Beliau ‘alaihi salam yang usianya panjang, hingga sampai berkeluarga adalah, ;

1. Hadhrat Mirza Basyiruddin Mahmud Ahmad ra, Khalifatul Masih II, Lahir 12 Januari 1889 dan wafat 8 Nopember 1965.
2. Hadhrat Mirza Bashir Ahmad MA, lahir 20 April 1893 dan wafat 2 September 1963.
3. Hadhrat Nirza Syarif Ahmad, lahir 24 Mei 1895 dan wafat 26 Desember 1961.
4. Hadhrat Nawab Mubarakah Begum, lahir 2 Maret 1897 dan wafat 22 tahun 1977.
5. Hadhrat Nawab Amatul Hafiz Begum, lahir 25 Juni 1904 dan wafat 1987.

Pada permulaan tahun 1885 Beliau ‘alaihi salam menyiarkan pamflet sebanyak 20.000 lembar di dalam masa Beliau mengundang semua orang yang menentang Beliau untuk datang menyaksikan tanda-tanda Ilahi yang agung tentang kebenaran Islam. Beliau menyatakan, bahwa Tuhan telah menetapkan Beliau selaku Mujaddid dan Mamur untuk masa kini guna mewujudkan kembali kebenaran Islam dan Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam.

Pada tanggal 1 Januari 1889 sesuai petunjuk Ilahi Beliau 'alaihi salam menyiarkan selebaran lain mengajak orang yang mau beriman mengadakan baiat di tangan Beliau.

Dan pada tanggal 12 Januari 1889 Beliau ‘alaihi salam menyiarkan lagi selebaran mengandung 10 syarat baiat.

Serta pada tanggal 23 Maret 1889 di Ludhiana (sebuah Kota kecil disebelah tenggara Qadian), atas Perintah Allah Taala pembaiatan pertama dilakukan dirumah seorang murid Beliau 'alaihi salamyang setia dan taat, bernama Hadhrat Soofi Ahmad Jan.

Orang yang memperoleh kehormatan pertama melakukan baiat adalah Hadhrat Maulvi Hakim Nuruddin, bersama dengan 40 orang lainnya, orang-orang terkemuka diantaranya adalah, ;

Hadhrat Maulvi Abdullah Sinnauri.
Hadhrat Chaudry Rustam Ali.
Hadhrat Munshi Zafar Ahmad.
Hadhrat Arooray Khan.
Hadhrat Abdul Rahman.
Hadhrat Qazi Zia-ud-Din.
Hadhrat Mir Inayat Ali.

Perintah untuk menerima Baiat ini tercantum dalam Sabz Isytihar (selebaran Hijau), pada tanggal 1 Desember 1888, yang berbunyi sebagai berikut ; Aku diperintahkan bahwa barangsipa yang mencari kebenaran. Hendaklah mereka baiat kepadaku guna belajar tentang iman yang sejati dan untuk melepaskan diri dari kehidupan yang buruk, kehidupan yang malas dan penuh tipuan.

Jadi barangsiapa yang di dalam dirinya terdapat kekuatan ini mereka seyogyanya datang kepadaku sehinggga aku akan menghiburnya dan akan meringankan beban mereka dengan syarat mereka akan dengan segenap hati dan jiwa untuk berjalan di atas syarat-syarat yang telah ditetapkan oleh Tuhan. Ini adalah perintah Tuhan dan hari ini telah aku sampaikan”

10 Syarat Baiat ke dalam Muslim Ahmadiyah

1. Di masa yang akan datang hingga masuk ke dalam kubur senantiasa akan menjauhi syirik.

2. Akan senantiasa menghindarkan diri dari segala corak bohong, zina, pandangan birahi terhadap bukan muhrim, perbuatan fasiq, kejahatan, aniaya, khianat, mengadakan huru-hara, dan memberontak serta tidak akan dikalahkan oleh hawa nafsunya meskipun bagaimana juga dorongan terhadapnya.

3. Akan senantiasa mendirikan salat lima waktu semata-mata karena mengikuti perintah Allah Ta’ala dan Rasul-Nya, dan dengan sekuat tenaga akan senantiasa mendirikan shalat Tahajud, dan mengirim selawat kepada Junjungannya Yang Mulia Rasulullah saw. dan memohon ampun dari kesalahan dan mohon perlindungan dari dosa/kelemahan-manusiawi; akan ingat setiap saat kepada nikmat-nikmat Allah, lalu mensyukurinya dengan hati tulus, serta memuji dan menjunjung-Nya dengan hati yang penuh kecintaan.

4. Tidak akan mendatangkan kesusahan apa pun yang tidak pada tempatnya terhadap makhluk Allah umumnya dan kaum Muslimin khususnya karena dorongan hawa nafsunya, biar dengan lisan atau dengan tangan atau dengan cara apa pun juga.

5. Akan tetap setia terhadap Allah Ta’ala baik dalam segala keadaan susah ataupun senang, dalam duka atau suka, nikmat atau musibah; pendeknya, akan rela atas keputusan Allah Ta’ala. Dan senantiasa akan bersedia menerima segala kehinaan dan kesusahan di jalan Allah. Tidak akan memalingkan mukanya dari Allah Ta’ala ketika ditimpa suatu musibah, bahkan akan terus melangkah ke muka.

6. Akan berhenti dari adat yang buruk dan dari menuruti hawa nafsu, dan benar-benar akan menjunjung tinggi perintah Al-Qur’an Suci di atas dirinya. Firman Allah dan sabda Rasul-Nya itu akan menjadi pedoman baginya dalam tiap langkahnya.

7. Meninggalkan takabur, sombong; akan hidup dengan merendahkan diri, beradat lemah-lembut, berbudi pekerti yang halus, dan sopan-santun.

8. Akan menghargai agama, kehormatan agama dan mencintai Islam lebih dari pada jiwanya, hatanya, anak-ananknya, dan dari segala yang dicintainya.

9. Akan selamanya menaruh belas kasih terhadap makhluk Allah umumnya, dan akan sejauh mungkin mendatangkan faedah kepada umat manusia dengan kekuatan dan nikmat yang dianugerahkan Allah Ta’ala kepadanya.

10. Akan mengikat tali persaudaraan dengan hamba ini “Imam Mahdi dan Al-Masih Al-Mau’ud” semata-mata karena Allah dengan pengakuan taat dalam hal makruf (segala hal yang baik) dan akan berdiri di atas perjanjian ini hingga mautnya, dan menjunjung tinggi ikatan perjanjian ini melebihi ikatan duniawi, baik ikatan keluarga, ikatan persahabatan ataupun ikatan kerja.

Dengan menjalankan 10 syarat ini maka dengan sendirinya setiap Ahmadi juga mewujudkan Islam sebagai Rahmatan lil alamin dalam kehidupannya, selain itu setiap Ahmadi juga menjadi seorang yang amanah karena telah menepati janji bai’atnya kepada Allah Ta’ala. Semoga Allah Ta’ala beri taufiq dan karunia kepada kita semua, sehingga kita menjadi Ahmadi yang mukhlis dan sejati.

Allahumma Aamiin

20 comments

  1. Subhanallah…
    Semoga allah senantiasa memberikan Bapak kesehatan dan kekuatan lahir dan bathin dalam menulis dan berbagi ilmu yg sangat bermanfaat bagi para pembaca blog pelita ilahi…
    Aamiin allahumah aamiin.

    Disukai oleh 1 orang

  2. Jazakumullah ahsanal jazza pak.
    Saya mau bertanya dari uraian diatas tanggal 23 maret 1889 adalah tanggal didirikannya Jema’at Ahmadiyah. Ketika Beliau mendakwakan diri sebagai imam mahdi itu tanggal berapa pak?

    Disukai oleh 1 orang

  3. ulasan yg bermanfaat..siap berbagi keanak anak dan saudara2 yg memerlukan pengetahuan agar ilmu bertambah dan rajin membaca keep going pak..👍💪

    Disukai oleh 1 orang

Tinggalkan komentar