SOSOK MAHDI & ISA DARI UMAT ISLAM

Mln. Mubarak Achmad

بسم الله الر حمن الر حيم   نحمده و نصلى على رسوله الكريم   و على عبده المسيح الموعود

HARI MASIH MAU’UD 23 Maret 2021

اَلسَّلَامُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَا تُهُ

Jamaah Ahmadiyah berkeyakinan bahwa akan datang Imam Mahdi dan Isa ibnu Maryam yang dijanjikan oleh Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam dalam Islam di Akhir zaman. Hal ini juga sependapat dengan kelompok Islam lainnya bahwa Isa akan datang.

Nabi Isa yang akan datang adalah dari Umat Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam,
Nabi Isa as secara Majazi yang berasal dari kalangan umat Islam sendiri, sebagaimana dinyatakan dalam Hadits-hadits berikut ini:

كَيْفَ أَنْتُمْ إِذَا نَزَلَ ابْنُ مَرْيَمَ فِيكُمْ فَأَمَّكُمْ
Bagaimana kalian apabila Ibnu Maryam turun di kalangan kalian lalu ia memimpin (menjadi Imam) kalian (Muslim dari Abu Hurairah radhiallahu ‘anhu dan Kanzul-Ummal, Juz XIV/38840)

كَيْفَ بِكُمْ إِذَا نَزَلَ ابْنُ مَرْيَمَ فِيكُمْ وَإِمَامُكُمْ مِنْكُمْ
Bagaimana dengan kalian apabila Ibnu Maryam di kalangan kalian turun dan ia sebagai Imam di antara kalian (Bukhari, Muslim dari Abu Hurairah radhiallahu ‘anhu dan Kanzul-Umal, Juz XIV/38845)

Dari kedua hadits tersebut jelas tergambar bahwa Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam menyampaikan akan kedatangan sosok Ibnu Maryam akan datang. Namun kedatangan nya adalah dari kalangan umat Islam sendiri. Sebagaimana dikatakan:

فِيكُمْ فَأَمَّكُمْ

‘di kalangan kalian lalu ia memimpin (menjadi Imam) kalian’

Dan

فِيكُمْ وَإِمَامُكُمْ مِنْكُمْ

‘di kalangan kalian dan ia sebagai Imam di antara kalian’

Begitu juga berikut ini dan masih banyak lagi hadits yang lain. Dimana hadits- hadits tentang hal ini adalah Mutawatir adanya.

عَنْ أَبِي هُرْيَرَةَ رضي الله عنه قَالَ رَسُولُ اللهِ صلى الله عليه وسلم: “وَالَّذِي نَفْسِي بِيَدِهِ، لَيُوشِكَنَّ أَنْ يَنْزِلَ فِيكُمُ ابنُ مَرْيَمَ حَكَمًا عَدْلًا، فَيَكْسِرَ الصَّلِيبَ، وَيَقْتُلَ الخِنْزِيرَ، وَيَضَعَ الجِزْيَةَ، وَيَفِيضَ المَالُ، حَتَّى لَا يَقْبَلَهُ أَحَدٌ

“Dari Abu Hurairah berkata, Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda “Demi Rabb yang jiwaku berada di tangan-Nya, sudah dekat saatnya di mana akan turun pada/dikalangan kalian Ibnu Maryam sebagai hakim yang adil. Dia akan menghancurkan salib, membunuh babi, menghapus jizyah (upeti atau pajak), dan akan melimpah ruah harta benda sehingga tidak ada seorang pun yang mau menerimanya” {HR Abu Dawud, Ibnu Hibban dan Ahmad}.

Selain itu juga Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam telah menerangkan lebih jelas lagi bahwa sosok Isa itu ada 2 orang.

Yang Pertama adalah Isa yang merupakan seorang nabi buat kalangan Nasrani. Beliau sudah wafat berdasarkan Ayat Al-Qur’an dan Hadits nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam

Yang kedua adalah dari kalangan umat Islam sendiri. Sebagaimana diterangkan dalam 2 hadits diatas tadi

Di dalam Hadits Bukhari diterangkan Ada Dua Sosok Nabi Isa as yang Bertemu dengan Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam

Sosok Isa yang dahulu adalah Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam telah bersabda:

“Aku melihat Isa as , Musa as, dan Ibrahim as, Maka Isa as berwarna merah, rambutnya ikal dan dadanya lebar. ……” {Hadits Bukhari No. 3438}

SOSOK ISA DARI UMAT ISLAM bersabda:

“Maka dialah seorang laki-laki yang berwarna gandum, rupawan di antara orang-orang berwarna gandum, rambutnya lurus jatuh ke pundaknya dan tinggi sedang.” {Hadits Bukhari No. 3440

Dari hadis ini berarti ada dua bentuk Isa yang dilihat oleh Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam dalam kasyaf Beliau, yaitu yang pertama tanda-tandanya cocok dengan Nabi Isa as dari Bani Israil, adapun Nabi Isa yang kedua yang dilihat oleh Beliau saw dalam kasyaf tersebut ciri-cirinya cocok dengan Nabi Isa yang kedua yang turun dari antara umat Beliau dalam wujud Hadhrat Mirza Ghulam Ahmad as.

Isa Al-Masih = Imam Mahdi

Sesuai dengan hadits-hadits Nabi Muhammad Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam, bahwa Al-Masih juga bergelar Imam Mahdi.

وَلاَ المَهْدِيُّ إِلاَّ عِيْسَى ابْنُ مَرْيَمَ (سنن إبن ماجة /الجزء الثاني /كتاب الفتن/باب شدة الزمان/نمرة 4039/دار الفكر/بيروت-لبنان/2004م
Artinya, ; “Tidak ada Al-Mahdi melainkan Isa” {Sunan Ibnu Majah/ Juz II/Kitab Al-fitan/Bab Syiddat Al-zaman/No.4039/Darul Fikr/Beirut-Libanon/2004 M}.

يُوْشِكُ مَنْ عَاشَ مِنْكُمْ اَنْ يَلْقِى عِيْسَى ابْنَ مَرْيَمَ اِمَامًا مَهْدِيًّا وَحَكَمًا عَدْلاً فَيَكْسِرُ الصَّلِيْبَ وَيَقْتُلُ الْخِنْـزِيْرَ وَيَضَعُ الْجِزْيَةَ وَتَضَعُ الْحَرْبُ اَوْزَارَهَا(مسند احمد/جزء2:صفحة 411/نمرة 9343/دار الكتب العلمية/بيروت-لبنان/1993م)
Artinya ; “Hampir orang yang hidup di antara kamu bahwa dia berjumpa dengan Isa bin Maryam yang jadi Imam Mahdi dan Hakim yang adil, memecahkan salib, membunuh babi, menghilangkan jizyah dan peperangan, ” {Musnad Ahmad bin Hambal/Juz II:hal. 411/no.9343/dar al-kutub al-‘ilmiyah/beirut-libanon/1993 M}.

Kedua hadits ini dan hadits yang diatas sangat menjelaskan Isa kedua dan Imam Mahdi adalah SATU ORANGNYA.

26 comments

  1. Assalamualaikum, alhamdulilah lebih jelas lagi tentang hadist ,maaf pak mubaligh apakah bapak itu keponakannya pak Mln Sufni,Padang maaf ya pak atau pak Mubarak yang lain

    Disukai oleh 1 orang

  2. Jazakumullah bpk Mubaligh ilmunya semoga banyak umat yg menerima petunjuk karunia menerima kebenaran Imam Mahdi sudah datang Aamiin YRA🙏👍👍👍

    Disukai oleh 1 orang

  3. Alhamdulillah segala puji bagi Allah yang maha kuasa, berbahagialah orang menjumpai al masih diakhir zaman ini, karna beliau yang membimbing kita ke jalan ihdinassirotol mustahil, dan kita tak diombang ambingkan oleh masa, karena kita ada imam atau pemimpin rohani sampai hari akhir. Jazakumullah, Aamiin

    Disukai oleh 1 orang

    • Waalaikum salam warohmatulohi wabarakatuh
      Pertanyaan yang bagus pak Mukhlis…

      Intinya seperti ini pak..

      Hadits Mutawatir adalah hadits yg datang berturut turut/ turun temurun atau hadits yang diriwayatkan oleh sejumlah orang yang menurut adanya tidak mungkin berbohong terutama yang telah dilihat atau di dengar sendiri. Riwayat atau khabar itu disemua tingkat diuraikan oleh orang banyak hingga jelas meyakinkan sebagai khabar yang mustahil kabar itu dusta.

      Sedangkan hadits shohih yaitu hadits yg disandarkan kepada Nabi Muhammad Saw ,atau juga hadits yg sah, benar, sehat dan baik

      Hadits mutawatir bahkan lebih shahih daripada hadits yang kita kenal dengan sebutan hadits shahih. Karena hadits mutawatir sudah tidak dimungkinkan rawinya untuk berbohong.

      Ilmu yang dihasilkan dari hadits mutawatir adalah ilmu yakin, atau sering disebut ilmu dharuriy. Ilmu dharuriy oleh Ibnu Hajar didefinisikan sebagai ilmu yang tidak bisa ditolak oleh semua orang.

      Suka

  4. Jazakymullah maulana…
    Semoga artikel ini membangun jiwa raga kita lebih meningkat lagi dalam berkhidmat dalam nizam yang telah di wariskan oleh MASIH MA”UDS kepada kita semua..
    Insya allah👍👍👍

    Disukai oleh 1 orang

  5. JazakaLllah ahsanal jaza.
    Semoga Jamaaah Ahmadiyah terus tumbuh dan berkembang dengan pesat tanpa halangan dan selalu dalam Ridho-NYA. Aamiin..

    Disukai oleh 1 orang

Tinggalkan komentar